Saturday , 16 December 2017
Indonesia | English
Artikel
Artikel
Pemanfaatan White Water Filter (WWF) untuk penghematan air pada industri kertas

Beberapa hal yang perlu disampaikan yang masuk dalam kajian kita, yang mungkin akan bermanfaat bagi para pelaku industri kertas adalah pemanfaatan White Water Filter dari AMKCO Process Equipment. 

AMKCO white water filter banyak digunakan di industri kertas untuk recycle pemakaian air pada paper machine terutama di:

  • Paper Machine Shower Water. 

Paper machine selalu menggunakan air shower untuk drum, pemotongan kertas dll dan air tersebut cenderung masih bersih namun pada air tersebut selalu terdapat sedikit kandungan solid dan fiber yang bila terus menerus dipakai tanpa ada proses penyaringan akan menyebabkan penyumbatan pada nozzle shower nozzle yang dapat menimbulkan masalah di paper machine.

  • Vacuum Seal Water

Paper machine menggunakan banyak vacuum pump yang berukuran besar dimana vacuum pump sendiri menggunakan air sebagai seal water dan air yang digunakan harus di recycle. Proses penyaringan perlu dilakukan karena vacuum pump sendiri memiliki spec kebutuhan seal water dengan limit solid content.

Biasanya volume air yang di filter sangat banyak (300 s/d 1000 m3/jam) tergantung dari kapasitas paper machine itu sendiri. Untuk aplikasi ini diperlukan AMKCO white water filter yang memisahkan air dan solid dengan sistem centrifugal.

Pada bagan water reusage sudah jelas di cantumkan kalau air recycle harus diproses dengan White Water Filter (WWF) dengan screen 325 MG Mesh untuk menurunkan solid content dari 25-30 ppm menjadi 5 ppm.

Yang 'critical point' disini adalah penentuan solid content karena WWF hanya bisa menyaring partikel (solid) yang ukurannya lebih besar dari 325 mesh (43 micron) bukan content nya.

Jika solid content dalam air recycle semuanya lebih kecil dari 43 micron maka hasil air yang di proses WWF juga akan tetap 25-30 ppm. Dan untuk mendapatkan solid content 5 ppm maka harus di tambahkan fresh water dalam system agar air dengan solid content 25 - 30 ppm dapat turun menjadi 5 ppm.

Yang critical dalam water recycle untuk shower water sebenarnya ukuran particle size itu sendiri. Menurut pengalaman kami particle size yang di izinkan (supaya tidak terjadi pada penyumbatan nozzle) adalah 1/10 dari ukuran diameter nozzle.

Kesimpulannya paper mill yang berniat memanfaatkan WWF harus membuat statement bahwa 85% dari particle size yang di feeding ke WWF adalah < 43 micron baru dapat dijamin bahwa ouput dari WWF tersebut dapat mencapai solid content 5 ppm.

Untuk kapasitas 90 - 120 m3 per jam dapat digunakan WWF-30-2 dengan kapasitas max. 150 m3/jam. Jadi jika kapasitas melebihi itu maka dapat digunakan paralel lebih dari satu unit WWF.

Jika da yang tertarik dapat meminta official quote, mohon di info delivery term nya supaya dapat ditawarkan.