Saturday , 16 December 2017
Indonesia | English
Artikel
Artikel
PEMIMPIN EFEKTIF

MODAL YANG SEHARUSNYA DIMILIKI OLEH PARA PEMIMPIN

Apakah anda seorang eksekutif perusahaan, manager, pemimpin gereja atau pemimpin agama, kepala bagian , guru, kepemimpinan adalah keahlian yang sangat penting harus  anda miliki khususnya di jaman/ era yang penuh dengan tantangan ini. Sekalipun kita sering mendengar bahwa seorang pemimpin itu terlahir atau disebut “bakat bawaan sejak lahir” tetapi sesungguhnya bahwa kepemimpinan itu adalah sesuatu yang dapat dikembangkan di dalam diri siapa saja yang mau mengembangkannya.

Beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu :

1.    Mempunyai VISI
Suatu alasan kuat yang mendasari  pemimpin untuk dapat mempengaruhi orang lain adalah dimana pemimpin itu memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang mereka harapkan dalam kegiatan usahanya baik itu di bisnis, sosial, project dan keagamaan.  Orang-orang yang secara tepat dapat menetapkan VISI dan mampu mengkomunikasikannya dengan baik akan menjadi orang yang dapat menarik para pengikutnya atau dengan kata lain dapat mengarahkan bawahannya atau anggotanya dengan mudah.

2.    Bertindak SIGAP, HATI-HATI, DAN CEPAT 
Seorang pemimpin mengetahui kekuatannya sendiri, motivasinya atau tujuannya akan tetapi sekaligus juga mengetahui kelemahannya dan keterbatasannya atau tantangan-tantangan apa yang ada di depannya. Seorang pemimpin adalah yang mempunyai kehati-hatian dalam menggunakan intuisinya (feeling-nya), dan bagaimana ia bereaksi menggunakan kekuatannya, dengan kata lain pemimpin bukan’lah sekedar reaktif-spontan tetapi penuh perhitungan. Dia selalu waspada dan paham akan apa yang sedang terjadi di sekelilingnya.

3.    TANGGAP tetapi bukan REAKTIF
Reaksi spontan umumnya dikendalikan oleh emosi dan sering sekali menuju kepada kekeliruan baik dalam kata maupun perbuatan. Pemimpin yang kuat akan lebih memilih untuk berpikir sejenak barulah menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi setiap krisis dan tantangan. 

4.    Tetapkan NILAI STANDAR pada diri anda
Kepemimpinan memerlukan disiplin. Sebelum anda dapat mendisiplinkan anak-buah/bawahan, anda harus tahu bahwa andalah orang pertama yang harus berdiri di depan sebagai teladan. Sekali anda telah dapat menetapkan nilai-nilai standar  tersebut dan secara terus-menerus dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan anda, maka anda otomatis akan menjadi pemimpin yang ber-karakter bukan pemimpin yang emosional ataupun situasional.

5.    Peliharalah SIKAF YANG POSITIF
Seorang penulis buku terkenal “KEKUATAN BERFIKIR POSITIF” yaitu DR.NORMAN VINCENT mengatakan bahwa; selalu saja orang yang terbaik di dunia ini berasal dari orang-orang yang dapat berfikir positif.  Seorang pemimpin tahu bagaimana mengembangkan pemikiran positif didalam dirinya dan menularkannya kepada orang lain yang mendengarkannya.

6.    Jadilah ANTUSIAS
Bersamaan dengan berfikir positif, ANTUSIASME akan menarik orang-orang kepada anda dan kepada kemauan anda. Napoleon Hill berkata, “bahwa antusiasme adalah semacam bahan bakar yang menggerakkan mesin”. Dan John Wooden berkata, “tanpa antusiasme engkau tidak dapat bekerja dengan kemampuan terbaikmu”. Antusiasme adalah sesuatu yang tidak dapat difikirkan akan tetapi dapat ditangkap. Tangkap’lah api semangatnya dan yang lainnya akan dengan sendirinya mengikuti engkau.

7.    Berbicara BAIK & BENAR
Tom Peter dalam bukunya berjudul “POWER”, menulis demikian; “selalu berbicara dengan efektif adalah kekuatan yang nyata dan menggairahkan”. Kepemimpinan dan berbicara efektif adalah dua kekuatan yang tidak dapat terpisahkan.

8.    Mendengarkan dengan BAIK
Satu kemampuan yang sangat atraktif yang dapat kita kembangkan adalah mendengarkan dengan baik sebab itu menunjukkan bahwa kita perduli dan menghargai lawan bicara kita. Orang-orang berpengalaman mengatakan bahwa sesungguhnya kita hanya 70% mendengarkan apa yang orang lain sedang katakan. Maka belajarlah untuk mendengarkan bukan hanya dengan telinga tetapi juga dengan mata dan dengan hati.

9.    JANGAN MENYULITKAN orang lain
Bantulah orang untuk mengembangkan potensinya pada bagian dimana orang tersebut mempunyai kelebihan. Sesuai dengan nasehat Buckingham and Coffman didalam bukunya yang berjudul “ First, Break All the Rules” mengatakan “Kenyataannya ialah bahwa kita semua tidak memiliki potensi/kemampuan yang sama dan tidak semua orang dapat persis menjadi seperti apa yang kita inginkan”. Pemimpin mengenali kelebihan kemampuan atau kekuatan yang dimiliki oleh bawahannya dan terlebih suka untuk membantu mereka untuk mengembangkannya daripada mencoba untuk merubah mereka menjadi seseorang yang mereka yang tak bisa lakukan atau tak ingini.

10.    Dapatkan apa yang anda BUTUHKAN
Apakah yang anda harus miliki dalam hidup untuk menjadi sempurna? Katakan kita baru berbicara mengenai KEBUTUHAN belum KEINGINAN. Adapun kebutuhan adalah sesuatu yang selalu dapat kita substitusikan sementara keinginan cenderung tidak terbatas. Kita diberitahukan bahwa kebanyakan keputusan kita didalam hidup pada dasarnya dikendalikan oleh kebutuhan kita. Apabila anda tidak datang berdasarkan kebutuhan anda semata maka integritas anda akan lengkap dan engkau akan menjadi pemimpin yang efektif.

SELAMAT MENJADI PEMIMPIN YANG EFEKTIF !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Bekasi, 21 Nopember 2006
Diterjemahkan oleh : Drs. Efendi Sitorus