Saturday , 16 December 2017
Indonesia | English
Berita
Berita
Seminar & Learning Forum: Biocleaner Solusi Jitu Mengatasi Air Limbah Domestik dan Siasat Lolos Baku Mutu

PT. Zefa Valindo Jaya bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Managemen (LPPM) Dhirga Surya membuat suatu  kegiatan Seminar & Learning Forum yang bertujuan memberikan edukasi mengenai pengolahan air limbah. Faktor diadakannya kegiatan ini dikarenakan menurut Direktur Operasional LPPM Dhirga Surya, Bapak Hasan Harahap pada saat ini Medan rawan pengolahan limbah air non industri. Faktanya saat ini banyak rumah sakit, hotel, restoran dan gedung-gedung komersil yang kesulitan lolos standar baku mutu. Acara ini juga dihadiri oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Medan, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, APPI Sumut, ACE, dan ASATHI Sumut.

Seminar & Learning Forum yang diselenggarakan di Hotel Madani Syariah Medan, 29 November 2017 sukses menarik  perhatian target sasaran. Pemaparan yang PT. Zefa Valindo Jaya sampaikan dibagi kedalam dua topik. Topik pertama adalah Siasat Lolos Baku Mutu sedangkan topik kedua adalah Biocleaner Solusi Jitu Mengatasi Air Limbah Domestik. Pada topik Siasat Lolos Baku Mutu, pemaparan disampaikan oleh Bapak Dwi Handaya selaku Ketua Umum IdWA (Indonesia Water Association) Beliau mengupas tuntas bagaimana cara menangani air limbah yang baik dan benar agar lolos baku mutu. Pada topik kedua pemaparan dibawakan langsung oleh Bapak Efendi Sitorus selaku Managing Director PT. Zefa Valindo Jaya, Beliau memaparkan bahwa Biocleaner adalah Solusi Jitu mengatasi Air Limbah Domestik. Produk Biocleaner sendiri mengusung thema: "No Sludge, No Odor, Environment Effective and Efficient".

Biocleaner adalah teknologi terbaru dibidang Waste Water Preatment (WTP)- Sewage Treatment Plant (STP)​ yang telah mendapatkan green patent technology dari USA. Biocleaner dianggap mampu mengatasi masalah air limbah domestik kerana telah berhasil melakukan riset dengan mengumpulkan berbagai type bakteri mikroorganisma yang bersifat anaerobic, fakultative dan aerobic yang di perlukan untuk mengolah limbah organik yang ada di dalam waste water treatment system. Satu unit BioCleaner mampu mengolah air limbah organic dengan design 80-150 kg BOD/hari.

Diharapkan dengan adanya Seminar dan Learning Forum ini pelaku building management dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengolahan air limbah domestik yang masuk standar baku mutu.