Wednesday , 24 July 2019
Indonesia | English
Artikel
Artikel
Kebutuhan kontrol pH pada pencucian Gas Turbine
Isu Hangat Berbicara tentang kebutuhan pH pada pencucian Gas Turbine; Menurut apa yang dikatakan oleh Minco

Kami menanggapi mengenai kebutuhan pH yang diminta pada saat melakukan GT Washing oleh beberapa user:

Molekul zat asam ataupun alkali apabila terdapat pada detergent pembersih gas turbine diketahui akan bereaksi dengan material aluminium dan logam gabungan yang terdapat pada material gas turbine sehingga dikhawatirkan akan memicu terjadinya korosi.

Protoklenz GT adalah senyawa yang bersifat netral dan tidak mengandung bahan yang bersifat active agent dan tetap netral sekalipun telah dicampurkan dengan demin water. Protoklenz sebagaimana diketahui juga tidak mengandung bahan-bahan dari golongan zat asam atapun alkali, dengan demikian tidak ada bahan-bahan yang akan dapat membahayakan material pada gas turbines.

Kisaran pH pada Protoklenz GT maupun Protoklenz GT-SC umumnya antara 6.5-7.5.  adapaun kisaran pH ini telah dibuat untuk memenuhi syarat ketentuan yang dibuat oleh kebanyakan OEM Gas Turbines untuk melindungi gas turbine mereka dari bahan-bahan yang dapat mebahayakan. Seperti, misalnya; Solar menetapkan rentang pH 6-9, Rolls Royce 6-9, GE 6.5-7.5.

Ketika penggunaan detergen pembersih gas turbine sudah mendekati pH netral (pH 7), hal itu dapat dianggap telah memenuhi tuntutan pH netral pada proses pencucian gas turbine, bahkan beberapa pihak menetapkan rentang pH antara 6-8 sudah cukup optimal.

Pada waktu memproduksi suatu detergen pembersih gas turbine dilakukan kontrol terhadapa pH secara ketat, Protoklenz GT dalam bentuk konsentrat mempunyai pH antara 7.0-7.5 dan pada larutan 1:4 (20%) dengan demin water, pH tetap pada kisaran 7.0-7.5.

Sebagai bagian dari keharusan untuk memenuhi ketentuan standar/specifikasi yang ditetapkan oleh OEM untuk mencapai pH netral atau sedekat mungkin denga pH 7. Sekalipun kita menggunakan produk yang siap pakai (ready to use) akan selalu ditemukan sedikit perbedaan/fluktuasi terhadap apa yang disebut pH netral.

Beberapa orang mempersoalkan nilai pH yang tidak terlalu signifikan untuk diperdebatkan, dan untuk itulah kami mencoba menjelaskan topik ini.

Juga bagian penting dari permasalahan pH ini adalah masalah rinsing yaitu pembilasan pasca pencucian. Protoklenz GT pada dasarnya adalah produk bebas pembilasan, namun olehkarena pada proses pencucian akan ada deposit yang terlarut maka di lakukan sedikit pembilasan.

Yang lebih penting dari semuanya itu adalah apakah didapatkan hasil dengan perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan power out-put sebelum dan sesudah GT washing dilakukan?

Itu jauh lebih penting dari sekedar mempersoalkan perbedaan pH yang tidak terlalu signifikan pada detergen/chemical pembersih gas turbine yang dipakai.