Wednesday , 24 July 2019
Indonesia | English
Artikel
Artikel
Cara Meningkatkan Power Out-put dengan 'air inlet cooling system' pada GT
RELIABILITY (KELAYAKAN);

Fogging system kebanyakan atau kami sebut ordinary fogging system dengan sistim pengkabutan memakai pin nozzle, sering kali gagal olehkarena rentan terhadap masalah misalignment dan pin tumpul, dimana akibatnya bisa terjadi penurunan power hingga 10% akibat gagalnya fogging yang menyebabkan rainy pada air stream. Itu bertolak belakang dengan tujuan semula untuk meningkatkan power out-put. Jadi kami memahami keragu-raguan sebagian pihak atas efektivitas fogging untuk meningkatkan power.

Namun, dapat kami sampaikan bahwa inlet air fogging system dari prinsipal kami AMCO sungguh sangat berbeda dengan dengan fogging biasa, terbukti dari lebih dari 200 unit yang kami pasang di seluruh dunia, tidak ada satupun yang dilaporkan gagal hingga ssejauh ini karena kami menggunakan system nozzle yang berbeda.


PENINGKATAN POWER OUTPUT PADA GAS TURBINE

Sehubungan dengan tingginya tingkat kelembaban (humidity) udara di Indonesia, maka peningkatan power yang dapat dicapai dengan fogging biasa sangat terbatas. Dimana udara tidak mampu lagi untuk menyerap air lebih banyak. Oleh karena itu kami percaya dengan sistim fogging yang seperti itu power hanya dapat mungkin ditingkatkan hanya 3-5% saja. Apa yang memungkinkan kami untuk dapat meningkatkan power output hingga 15% adalah apa yang disebut dengan sistem “overspray”. Dengan sistem ini tidak akan tergantung lagi dengan faktor kelembaban udara luar sehingga akan mampu untuk menambahkan 10-13 % lebih besar dari fogging biasa.

RETURN ON INVESTMENT (PENGEMBALIAN MODAL)-PELUANG BAGI OPERATOR GAS TURBINE

Dengan mengacu pada pemberlakuan tarif listrik, maka pengembalian investasi terhadap alat fogging system ini akan terlihat sangat menggiurkan. Mengutip pernyataan salah seorang direktur PLN, Bapak Murtaqi Syamsuddin, harga yang ditetapkan untuk produksi listrik adalah USD 0,0593 per KwH.

Secara sederhana kami dapat memberikan gambaran tentang ROI yang dapat dicapai, dan sangat layak untuk dipertimbangkan bila menggunakan fogging system, sbb:

TABEL PERHITUNGAN PROYEKSI ROI FOGGING SYSTEM GT 100MW

Total investment US 800.000 to US 1 mill
Number of days to recover investment by 12% increase in output 47 days 59 days
Number of days to recover investment by 13% increase in output 43 days 54 days
Number of days to recover investment by 14% increase in output 40 days 50 days
Number of days to recover investment by 15% increase in output 37 days 47 days

Apakah ini tidak menarik untuk anda coba ? Hubungi tim kami untuk konsultasi lebih lanjut,
rolf.kielland@zevanya.com Website: http://www.zevanya.com/ atau langsung ke prinsipal kami http://www.amco.com/