Sunday , 22 May 2022
Indonesia | English
Artikel
Artikel
Assessment WWTP / WTP Perusahaan LNG (Liquefied Natural Gas) di Batui Banggai Sulawesi Tengah

Apa itu Assessment WWTP / WTP 

Assessment WWTP / WTP ada kegiatan evaluasi sistem WWTP / WTP secara menyeluruh, baik terhadap peralatan, alur proses, jam operasi, struktur, ketahanan gempa, dan lainnya, guna mendapatkan penilaian yang valid.

Assessment WWTP / WTP harus dilakukan oleh ahli dan pakar yang profesional. Evaluasi harus di sesuaikan dengan standard K3 dan juga standar baku mutu air yang berlaku.

 

Mengapa Assessment WWTP / WTP sangat penting?

Komponen pada sistem WWTP / WTP existing dapat mengalami penurunan secara fungsi. Beberapa perubahan juga dapat berpengaruh terhadap kinerja sistem, seperti perubahan jumlah orang / karyawan, perubahan kapasitas, perubahan jadwal, perubahan jalur dsb.

Dengan data-data yang didapat dari evaluasi akan terlihat apakah sistem masih efisien, apakah peralatan masih layak, apakah outlet masih sesuai baku mutu, komponen mana yang perlu diperbaiki atau ditambahkans, dsb.

Hasil dari assessment WWTP atau WTP nantinya akan menjadi pendukung keputusan yang sangat penting untuk mementukan apakah sistem WWTP / WTP perlu diupgrade, atau bahkan perlu untuk di buat baru.

User WWTP / WTP pada umumnya mengharapkan efisiensi penggunaan listrik ataupun chemical pada WWTP / WTP. Dan untuk sistem dengan skala besar, perbedaan impact dan angka nya akan sangat jelas.

 

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan Assessment WWTP / WTP?

Tidak ada acuan khusus kapan assessment harus di lakukan. Namun jika kita mengambil acuan dari ME (Mechanical Electrical), umur dan performa mesin akan menurun dalam waktu 5 tahun. Faktor tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan assessment terhadap sistem WWTP / WTP.

Pertimbangan lainnya adalah ketika user atau operator menemukan adanya problem dengan sistem WWTP / WTP. Atau terdapat perubahan-perubahan signifikan yang mempengaruhi kinerja sistem, proses pengolahan ataupun proses penyaluran air limbah.

 

Scope of Work pada Assessment WWTP / WTP

Adapun kegiatan yang biasanya dilakukan pada assessment WWTP meliputi :

  • Evaluasi WWT Layouts
  • Evaluasi desain WWT existing
  • Baku mutu air sesuai peraturan pemerintah
  • Inpeksi tangki, Struktur internal dan eksternal
  • Inspeksi K3
  • Uji beton dan tanah
  • Uji perpipaan dan drainase
  • Dll

 

Assessment WWTP / WTP di salah satu perusahaan LNG (Batui Banggai Sulawesi Tengah)

Daerah Sulawesi Tengah adalah salah satu daerah yang rawan tinggi atau risiko tinggi terjadinya gempa bumi dan tsunami.

Mengingat hal tersebut, salah satu perusahaan LNG (Liquefied Natural Gas) yang berada di Batui Banggai Sulawesi Tengah mempercayakan kegiatan Assessment WWTP dan sistem RO nya kepada PT Zefa Valindo Jaya.

Pada assessment tersebut PT Zefa Valindo Jaya memeriksa kualitas dan struktur bangunan kantor, kamp sementara, WWTP dan juga sistem RO (Reverse Osmosis). Setelah melakukan evaluasi dan pemeriksaan, ZEFA memberikan rekomendasi dan spesifikasi teknis untuk perbaikan dan reinforcement, agar sesuai dengan safety & health standard yang berlaku.