Thursday , 18 April 2024
Indonesia | English
Artikel
Artikel
Proyek Pekerjaan Sand Blasting dan Coating Epoxy : Meningkatkan daya tahan tangki demineralisasi WTP

Sand Blasting dan Epoxy Coating pada Tangki Demineralisasi WTPsand blasting and epoxy coating for demineralizer tank at water treatment plant, user PT Andalan Furnindo

Musuh utama dari semua benda logam, metal atau besi adalah karat dan korosi. Salah satu cara yang paling efektif dan efisien untuk melawan korosi adalah melalui sand blasting. Sand blasting adalah proses penyemprotan materi abrasif, biasanya berupa pasir silika, dengan tekanan tinggi pada suatu permukaan dengan tujuan untuk menghilangkan material kontaminasi seperti karat, cat, garam, oli, dan lain-lain. Selain itu juga bertujuan untuk membuat kekasaran pada permukaan metal agar dapat tercapai tingkat perekatan yang baik antara permukaan metal dengan bahan pelindung misalnya cat / coating.

 

Tahapan Proses

1. Tangki demineralisasi WTP harus sudah dikosongkan dan dikeringkan sebelum proses pelapisan dimulai. Selanjutnya, kadar gas hidrogen sulfida (H2S) dalam tangki diperiksa untuk memastikan keselamatan pekerja dari bahaya gas sulfur selama proses kerja berlangsung.

2. Pekerjaan sand blasting dimulai. Pada tahap ini, semprotan tekanan tinggi dari bahan abrasif, pasir silika, dilakukan pada permukaan tangki untuk menghilangkan kontaminan seperti karat, cat, garam, oli, dan sebagainya. Setelah proses sand blasting, permukaan tangki menjadi bersih dari kotoran dan lebih kasar akibat dampak dari semprotan pasir. Sebagai hasilnya, cat / lapisan baru yang akan diaplikasikan dapat melekat dan menempel dengan mudah pada permukaan tangki.

3. Primer, Intermediate, Finishing Coat: Proses pengecatan terdiri dari tiga lapisan: primer coat, intermediate coat, dan finishing coat. Pada proses ini, seluruh tangki dilapisi dengan primer coat berbasis epoxy, yang berfungsi untuk melindungi tangki dari korosi dan sebagai lapisan dasar untuk memberikan permukaan yang tampak halus. Tanpa primer, cat tidak akan melekat sempurna pada permukaan logam.

Selanjutnya adalah pengaplikasian intermediate coat. Lapisan ini berfungsi bukan hanya sebagai penghalang pelindung untuk mencegah penetrasi air, tetapi juga sebagai agen penebalan untuk cat. Hal ini membantu meningkatkan daya tahan dan umur lapisan pada tangki.

Tahap terakhir adalah finishing coat, yang melibatkan pengaplikasian cat pada tangki untuk memberikan tampilan segar dengan warna yang diinginkan oleh pengguna. Langkah ini menambah sentuhan estetika pada tangki, meningkatkan daya tarik visualnya sambil memberikan perlindungan tambahan.

 

Pemeriksaan Akhir

Proses ini diakhiri dengan memeriksa ketebalan lapisan coating. Pengukuran ini dilakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh SSPC (Steel Structure Painting Council). Hasil pengukuran menunjukkan bahwa ketebalan lapisan telah memenuhi persyaratan pengguna, dengan primer coat berukuran 100 mikron, intermediate coat dengan agregat berukuran 250 mikron, dan finishing coat berukuran 150 mikron.

Jika Anda memiliki kebutuhan sand blasting dan epoxy coating pada tangki WTP dan lainnya, jangan ragu untuk menghubungi kami di +6221 8873531 atau melalui email info@zevanya.com.

Lihat produk Water Treatment dan Filter HVAC lainnya di sini.

Lihat portofolio dan proyek-proyek terdahulu kami di sini. Atau lihat produk chemical cleaning boiler dan chiller kami di platform e-commerce Tokopedia disini.