Tuesday , 23 July 2024
Indonesia | English
Artikel
Artikel
Filter Press : Pemisah Padat Cair untuk IPAL Air Limbah Pabrik

INSTALASI FILTER PRESS 500 LCPC

setting unit kompresor pada filter press untuk air limbah WWTP     Koneksi dosing pump inlet ke filter press untuk pemisahan padat cair WWTP     trial filter press untuk pemisahan padat cair WWTP     trial filter press untuk pemisahan padat cair WWTP     hasil cake filter press untuk pemisahan padat cair WWTP     hasil cake filter press untuk pemisahan padat cair WWTP     sensor dan sistem filter press untuk pemisahan padat cair WWTP     sensor dan sistem filter press untuk pemisahan padat cair WWTP

 

APA ITU FILTER PRESS DAN KEGUNAANNYA

Filter press adalah perangkat yang digunakan dalam pengolahan limbah untuk memisahkan padatan dari cairan. Prinsip kerjanya melibatkan penerapan tekanan pada campuran padatan-cairan yang dikenal sebagai suspensi atau lumpur, sehingga menghasilkan pemisahan fisik antara padatan dan cairan.
 
Pada WWTP atau pengolahan air limbah, penggunaan filter press mampu mengurangi volume limbah dan menghilangkan kelebihan air, sehingga mempermudah pengelolaan dan transportasi limbah. Selain itu, filter press juga dapat mengurangi kandungan bahan berbahaya dalam limbah sebelum dibuang, sehingga membantu memenuhi persyaratan lingkungan yang ketat.
 
Penggunaan filter press dalam pengolahan limbah sangat bervariasi, dan aplikasinya mencakup berbagai industri, seperti industri kimia, pertambangan, pengolahan makanan, pengolahan minyak dan gas, dan banyak lagi. Dengan menggunakan filter press, perusahaan dapat memproses limbah mereka dengan lebih efisien dan ramah lingkungan.
 

KOMPONEN FILTER PRESS

Pada dasarnya filter press mengandung sejumlah filter chamber plate yang di pasang secara vertical berderet diantara 2 side bar atau pegangan handle kanan kiri filter plate dan ditopang oleh kaki-kaki di kedua ujungnya yang menempel pada body plate ujung penahan plate dan body plate ujung berikutnya penahan dudukan cylinder hydraulic nya.
 
Material dasar chamber plate terbuat dari polypropilene dengan kandungan polimer yang tinggi atau PPHP. Dengan demikian chamber plate ini didesain untuk tahan terhadap chemical dan tekanan dari cylinder yang menekannya sehingga akan lebih kuat, tidak gampang retak dan tidak mudah melengkung.
 
Pada body chamber plate terdapat beberapa bagian. Untuk head plate memiliki satu sisi yang rata pada permukaannya dan satu sisi  tidak rata yang merupakan area filtrasi. Pada bagian yang tidak rata terdapat area cekungan yang tidak rata juga pada permukaannya, empat benjolan merupakan bagian penahan antara chamber plate yang satu dengan yang lain, sedangkan garis beralur tinggi rendah merupakan area aerasi untuk aliran filtrat yang nantinya akan mengalirkan cairan filtrat menuju lubang outlet.
 
Lubang di tengah adalah saluran untuk inlet slurry dan 4 lubang adalah saluran outlet filtratnya. Pada cekungan yang tidak merata berfungsi untuk menampung cake yang terbentuk pada nantinya. Chamber plate berikutnya dinamakan intermediate plate dimana pada kedua sisinya terdapat cekungan, 1 lubang di tengah dan 4 lubang outlet filtrat. Chamber plate yang terakhir adalah end plate. Dimana pada end plate ini hampir mirip dengan head plate yang mempunyai satu sisi rata dan satu sisi cekungan. Akan tetapi dia tidak memiliki lubang di tengah, maupun lubang di pojok plate nya.
 
Pada filter press terdapat filter cloth, Fungsi utama dari filter cloth adalah untuk memisahkan antara solid dan liquid. Untuk pemilihan kain filter cloth harus disesuaikan dengan kondisi slurry terkait sifat fisika dan kimianya. Dari hal tersebut akan ditentukan jenis material filter cloth yang sesuai seperti jenis rajutan dan jenis benangnya, atau akan memungkinkan jenis treatment akhir dari material filter cloth tersebut. Filter cloth akan di pasang pada chamber plate dimana chamber plate dan filter cloth adalah pasangan yang tidak bisa dipisahkan dalam filter press.
 

STEP DAN CARA KERJA FILTER PRESS

  • Pada tahap pertama setelah chamber plate dipasang filter cloth dan disusun berderet, lubang inlet dipasangkan dengan tepat lalu cylinder hydraulic ditekan maju untuk menekan semua chamber plate. Setelah tekanan yang diinginkan tercapai, powerpack akan berhenti dengan sendirinya dan pump dihidupkan untuk membawa slurry masuk menuju saluran inlet filter press.
  • Sedikit demi sedikit partikel akan mengisi rongga chamber plate dan tertahan di filter cloth.
  • Pada saat pertama, filtrat yang mengalir mungkin akan membawa sedikit partikel halus yang lolos melewati filter cloth.
  • Pada saat berikutnya partikel halus yang lewat akan berkurang karena terhalang oleh partikel kasar yang membentuk lapisan yang menempel pada filter cloth.
  • Pada saat berikutnya filtrat akan menjadi jernih karena partikel-partikel yang halus pun tertahan oleh partikel-partikel kasar dan halus yang menempel di filter cloth yang membentuk lapisan yang semakin tebal.
  • Akan semakin banyak partikel yang tertahan di filter cloth dan cairan filtrat yang keluar akan semakin jernih.
  • Partikel yang mengisi rongga chamber plate akan memadat membentuk relief sesuai dengan bentuk permukaan chamber plate.
  • Setelah aliran filtrat habis tidak bisa mengalir lagi atau dengan indikator pressure gauge yang naik akibat tekanan yang sudah tinggi, maka pump slurry dimatikan atau akan mati sendiri.
  • Proses selanjutnya adalah proses pengeringan cake yang terbentuk dengan meniupkan udara compressor masuk ke dalam filter press melalui aliran outlet atau inlet.
  • Setelah cairan yang terkandung di dalam cake keluar semua atau hampir semuanya keluar, maka proses berikutnya adalah pembongakaran cake. Aliran udara compressor ditutup dan cylinder hydraulic ditarik mundur. Setelah cylinder hydarulic berhenti maka end plate ditarik mundur oleh operator. Dengan sendirinya cake yang terbentuk akan jatuh ke bawah, dan sisa-sisa cake yang menempel di bersihkan juga sampai bersih dan begitu seterusnya.
  • Setelah selesai dibongkar semua maka chamber plate diatur seperti sedia kala dan cylinder akan didorong menutup rapat chamber plate. Selanjutnya siap untuk berikutnya.

 

Untuk kebutuhan filter press atau pengolahan air dan limbah dapat menghubungi kami di +6221 8873531, dan untuk produk water treatment ataupun filter HVAC lainnya dapat melihat portfolio produk kami di sini.

Lihat juga katalog lengkap produk kami di www.zefatech.id, atau beli langsung chemical cleaning untuk boiler dan cooling system serta filter HVAC di Tokopedia kami www.tokopedia.com/zefavalindojaya