Tuesday , 23 July 2024
Indonesia | English
Artikel
Artikel
Pentingnya Revitalisasi dan Rekondisi pada Sistem WTP

PENTINGNYA REVITALISASI DAN REKONDISI PADA SISTEM WTP

 

REVITALISASI REKONDISI WATER TREATMENT PLANT PT SURYA TOTO      REVITALISASI REKONDISI WATER TREATMENT PLANT PT SURYA TOTO      REVITALISASI REKONDISI WATER TREATMENT PLANT PT SURYA TOTO

 

Air adalah sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan dan penunjang aktivitas manusia. Salah satu upaya penting dalam menjaga ketersediaan air yang berkualitas adalah melalui pengolahan air melalui Water Treatment Plant (WTP). WTP berperan dalam mengolah air mentah atau inlet menjadi air bersih yang aman untuk digunakan oleh masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu dan paparan faktor lingkungan, sistem WTP dapat mengalami penurunan fungsi dan kerusakan. Inilah mengapa revitalisasi atau rekondisi pada WTP menjadi sangat penting untuk memastikan sistem berjalan dengan maksimal dan meminimalisir kerusakan serta penurunan fungsi setiap komponen.

 

APA PENTINGNYA REVITALISASI ATAU REKONDISI PADA SISTEM WTP

1. Memastikan Kualitas Air yang Optimal

Revitalisasi pada WTP melibatkan pemeliharaan dan perbaikan sistem pengolahan air. Termasuk penggantian atau perbaikan peralatan, pipa, media filter, dan sistem pengolahan lainnya yang mungkin mengalami kerusakan atau aus seiring waktu. Dengan melakukan revitalisasi secara berkala, kualitas air yang dihasilkan akan tetap optimal dan sesuai dengan standar kesehatan dan lingkungan yang ditetapkan.

2. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Revitalisasi juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional WTP. Peralatan yang telah mengalami peningkatan atau penggantian akan bekerja dengan lebih baik, dan menggunakan energi secara lebih efisien. Hal ini tidak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga membantu menjaga ketersediaan air bersih secara berkelanjutan.

3. Mencegah Gangguan dalam Pasokan Air Bersih

WTP yang tidak di maintain dengan baik berisiko mengalami gangguan dan kerusakan. Kerusakan atau penurunan fungsi pada sistem pengolahan dapat menyebabkan penurunan produksi air bersih, yang dapat memengaruhi cost dan produktivitas. Dengan melakukan revitalisasi secara teratur, risiko gangguan pasokan air bersih dapat diminimalkan.

4. Pengurangan Dampak Lingkungan

WTP yang tidak berfungsi dengan baik dapat menghasilkan limbah yang lebih banyak dan berpotensi merusak lingkungan sekitarnya. Dengan melakukan revitalisasi dan pemeliharaan yang tepat, dampak negatif terhadap lingkungan dapat dikurangi. Meskipun sistem WTP mengolah air mentah menjadi air bersih yang aman, WTP tetap menghasilkan limbah baik itu limbah padat, limbah cair, dan limbah gas, yang dihasilkan dari residu atau endapan yang terbentuk selama proses koagulasi-flokulasi dan filtrasi.

 

APA SAJA YANG KAMI LAKUKAN SAAT PENGERJAAN REVITALISASI ATAU REKONDISI SISTEM WTP?

1. Evaluasi Sistem

Pertama kami akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap seluruh sistem WTP atau pengolahan air. Identifikasi area-area yang membutuhkan perbaikan atau penggantian, seperti peralatan yang aus, pipa yang rusak, atau komponen yang tidak berfungsi dengan baik.

2. Perencanaan

Setelah identifikasi masalah dilakukan, tim ahli kami akan membuat perencanaan perbaikan atau penggantian komponen yang diperlukan.

3. Pemeliharaan Peralatan

Kami akan melakukan maintainance komponen pada WTP, termasuk pembersihan, pelumasan, pengecatan atau coating komponen dan tangki air, dan hal lain untuk memastikan peralatan berfungsi dengan optimal dan umur pakainya lebih panjang.

4. Penggantian Komponen

Bagian-bagian yang telah aus atau rusak akan kami ganti. Misalnya, media filter (silika sand, manganese, karbon aktif, antrasit, dll), pompa, klep, dan perangkat lainnya.

5. Optimisasi Proses

Selain peralatan fisik, proses dan teknologi sistem pengolahan air juga dapat dioptimalkan. Tim ahli kami akan menyarankan penggunaan teknologi baru atau peningkatan metode pengolahan yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas hasil akhir.

6. Pengujian dan Pemantauan

Setelah revitalisasi dan rekondisi selesai, sistem akan kami uji secara menyeluruh untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi sesuai dengan target dan rencana kerja. Selanjutnya, sistem perlu dipantau secara teratur untuk mendeteksi masalah atau penurunan kinerja yang mungkin muncul seiring waktu.

7. Pelatihan Tenaga Kerja

Jika ada perubahan dalam peralatan atau proses setelah revitalisasi, tim maintenance akan kami beri pelatihan untuk memahami dan mengoperasikan peralatan dengan benar.

 

Pengerjaan revitalisasi WTP adalah suatu investasi jangka panjang untuk menjaga pasokan air bersih yang berkualitas dan efisien. Dengan melakukan revitalisasi secara berkala dan terencana, WTP dapat berfungsi secara optimal, dan meminimalisir risiko kerusakan serta penurunan fungsi.

Untuk kebutuhan revitalisasi atau rekondisi Water Treatment Plant, atau kebutuhan lain terkait, dapat menghubungi kami langsung melalui telepon +6221 8873531, atau email kami di info@zevanya.com, atau chat langsung tim marketing kami melalui fitur online CS pada menu website, atau isi form survey disini.