Tuesday , 28 May 2024
Indonesia | English
Berita
Berita
Pemeliharaan Preventif pada Cooling Tower

PREVENTIVE MAINTENANCE PADA COOLING TOWER

 

Cooling Tower atau menara pendingin berfungsi sebagai alat untuk mendinginkan air panas dari kondensor atau 'heat exchanger' dengan cara dikontakkan langsung dengan udara secara konveksi paksa menggunakan fan / kipas. Pada pemeliharaan cooling tower umumnya operator atau user hanya menggunakan metode atau menggunakan chemical yang bersifat cleanser atau pembersih saja.

4 permasalah yang sering terjadi pada sistem Cooling Tower adalah korosi, kerak, bakteri / lumut, dan juga endapan. Jika user hanya menggunakan Softener, alat penyaring ataupun penyerap zat kapur, hal tersebut memang dapat mencegah terbentuknya kerak, namun tidak cukup untuk mencegah korosi. Kerusakan akibat korosi dapat terjadi pada Cooling Tower karena reaksi kimia / electromagnet dari garam-garam dalam air sirkulasi. Dan jika Korosi sudah terjadi maka produk korosi akan menjadi endapan kerak (scale) dan dapat menjadi 'makanan' bagi pertumbuhan bakteri / lumut dan sebagiannya akan menjadi endapan atau suspended solid. Semakin lama Cooling Tower tidak dapat bekerja secara optimal, dan berakhir menjadi rusak.

Itulah pentingnya menggunakan chemical secara komphrensif (menyeluruh) dan tidak boleh parsial (hanya fokus pada satu masalah saja). Satu masalah dapat menimbulkan masalah lainnya (cooling square problems).

PT Zefa Valindo Jaya sejak tahun 1999 menjadi produsen specialty chemical Aquaright, memiliki chemical unggul sebagai solusi pada permasalahan cooling tower.

 

Aquaright CTS 505 chemical untuk mencegah kerak dan endapan pada cooling tower atau chillerKerak
Solusi : Aquaright CTS 504, CTS 505

Campuran senyawa organofosfor, polimer pilihan, dan dispersan yang dirancang untuk mengendalikan korosi dan mencegah pengendapan kerak dalam sistem pendingin terbuka resirkulasi besar yang beroperasi pada air make-up sedang atau keras.

 

Aquaright CH 10 N chemical cleaning untuk mencegah karat dan korosi pada cooling towerKorosi atau Karat
Solusi : Aquaright CH 10 N

AQUARIGHT CH 10 N adalah cairan penghambat korosi dan kerak untuk sistem pendingin tertutup dan sirkuit air dingin menggunakan air suling, air lunak (Total  Hardness  <  50  mg/L  as  CaCO 3), atau air tawar. Efektif bahkan ketika oksigen dimasukkan kembali ke dalam air yang bersirkulasi. Cocok untuk sebagian besar logam termasuk tembaga dan aluminium. Dapat digunakan dengan biosida (namun tidak boleh jika berhubungan dengan generator air tawar yang menghasilkan air untuk keperluan minum dan kuliner).

 

Aquaright CA 202 chemical cleaning untuk mencegah bakteri dan lumut cooling towe chillerBakteri atau Lumut
Solusi : Aquaright CA 202, CB 303

Biosida cair berbahan dasar isothiazolone dan merupakan biosida spektrum luas, efektif pada konsentrasi sangat rendah dalam mengendalikan pertumbuhan bakteri, jamur, dan alga planktonik dan permukaan dalam sistem air pendingin. Dan telah digunakan secara khusus untuk aplikasi pengolahan air dan pabrik kertas.

 

Aquaright CB 303 chemical cleaning untuk mencegah bakteri dan lumut cooling towe chillerEndapan atau suspended Solid
Solusi : Aquaright CTS 504, CTS 505

Dispersan yang dirancang untuk mengendalikan korosi dan mencegah pengendapan kerak dalam sistem pendingin terbuka. Dapat dimasukkan langsung ke sistem baik secara murni atau diencerkan sesuai kebutuhan dalam tangki pencampur. Penggunaan pompa metering sangat disarankan.

 

 

Aquaright CH 10 N chemical cleaning untuk mencegah korosi dan karat cooling towe chiller   Aquaright CA 202 chemical cleaning untuk mencegah bakteri dan lumut cooling towe chiller   Aquaright CA 202 chemical cleaning untuk mencegah bakteri dan lumut cooling towe chiller

 

Mengapa AQUARIGHT? Chemical aquaright mengandung bahan Polymer yang berkualitas tinggi dan dikembangkan khusus sebagai antiscalant dan corrosion prevention pada sistem cooling tower. Hubungi kami untuk detail, konsultasi dan survey visit gratis!