Thursday , 18 April 2024
Indonesia | English
Berita
Berita
Keunggulan Dissolved Air Flotation pada Pengolahan Air Limbah

DISSOLVED AIR FLOTATION (DAF)

UNTUK PENGOLAHAN AIR LIMBAH PABRIK

 

Baru-baru ini PT Zefa Valindo Jaya di percaya untuk membangun sistem pengolahan air limbah atau WWTP dengan menggunakan teknologi Dissolved Air Flotation (DAF) di salah satu pabrik produk perawatan kulit dan plester luka terkemuka.

DAF yang dikerjakan memiliki kapasitas 10m3/jam dengan material konstruksi menggunakan stainless steel SS 316L. Sistem DAF yang dibangun dapat menghilangkan parameter cod ±10%. Parameter COD yang ditunjukkan adalah TSS.

 

Apa itu Dissolved Air Flotation (DAF)?

Teknologi DAF atau flotasi dalam pengolahan air limbah digunakan untuk pemisahan padatan tersuspensi, minyak, lemak, flok dalam proses pengolahan air limbah kimia, dan lumpur (mikroba) dalam proses biologis.

Flotasi sendiri terjadi karena adanya gelembung gas. Gelembung gas dibuat menggunakan udara yang diinjeksikan ke dalam air limbah. Ketika tekanan udara dilepaskan ke dalam air maka jutaan gelembung kecil akan terbentuk. Gelembung-gelembung ini menempel pada partikel apa pun di dalam air sehingga menyebabkan massa jenisnya menjadi lebih kecil dibandingkan massa jenis air. Partikel-partikel tersebut kemudian dengan cepat mengapung ke permukaan untuk dikumpulkan dan dibuang, dan menyisakan air yang lebih jernih.

 

Apa Keunggulan Dissolved Air Flotation (DAF)?

Keunggulan utama flotasi dibandingkan sedimentasi dalam hal pemisahan padatan tersuspensi adalah flotasi dapat memisahkan padatan tersuspensi yang berukuran sangat kecil, ringan, dan sulit mengendap dalam waktu yang relatif singkat.

Pada proses flotasi, udara diinjeksikan ke dalam tangki hingga membentuk gelembung-gelembung yang berfungsi untuk mengapungkan padatan agar mudah dipisahkan. Dengan adanya dorongan gelembung tersebut, padatan dengan berat jenis lebih tinggi dari air akan terdorong ke permukaan. Begitu pula dengan benda padat yang berat jenisnya lebih rendah dari air. Ini adalah keunggulan menggunakan teknik flotasi dibandingkan dengan presipitasi, karena dengan flotasi partikel ringan dapat disisihkan pada waktu yang bersamaan.

 

Dimana Dissolved Air Flotation (DAF)dapat diimplementasikan?

DAF dapat digunakan pada berbagai industri berikut :

  • Pemisahan atau daur ulang limbah minyak atau lemak : Industri Minyak dan Gas Bumi (Hulu ataupun Hilir), biodiesel, permesinan, produksi F&B, dll
  • Pengolahan air limbah organik konsentrasi tinggi : Industri kertas, percetakan dan pewarnaan, tekstil, kulit, farmasi, air limbah fermentasi dan sebagainya
  • Pemisahan cairan limbah biokimia : Pemisahan padat-cair limbah anaerobik, aerobik (proses lumpur aktif, oksidasi kontak, filter) pemisahan padat-cair air biokimia, tangki pengendapan sekunder Pengolahan limbah dan sebagainya.
  • Pengolahan air limbah peternakan dan rumah potong hewan: Sapi, babi, peternakan ayam, air limbah rumah potong hewan
  • Limbah produk pelapisan listrik, pengecatan, dll
  • Pengolahan air sungai, air daur ulang, air laut, dan sebagainya
  • Pembangkit listrik
  • Dll
     

Untuk kebutuhan DAF, konsultasi dan survei gratis, dapat hubungi tim spesialis ZEFA di +6221 8873531, e-mail info@zevanya.com, atau chat customer service online kami yang terdapat pada fitur website ini.