Saturday , 15 June 2024
Indonesia | English
Berita
Berita
CHEMICAL CLEANING FILLER UNTUK MENGOPTIMALKAN KINERJA COOLING TOWER

Cooling tower atau menara pendingin adalah perangkat yang digunakan dalam proses industri untuk penghilang panas atau menurunkan suhu air yang digunakan dalam sistem pendinginan.

Fungsi utama dari cooling tower adalah mendinginkan air yang telah digunakan dalam proses industri. Suhu air meningkat selama proses pendinginan karena menyerap panas dari peralatan atau mesin yang dipendingin. Cooling tower membantu membuang panas ini dengan cara mengalirkan air panas ke atas struktur tower, di mana air tersebut kemudian disemprotkan ke udara dan mengalami penguapan. Proses penguapan ini menurunkan suhu air, sehingga air dingin dapat kembali ke sistem pendinginan untuk digunakan kembali.

 

KOMPONEN COOLING TOWER

Secara umum berikut adalah komponen yang terdapat pada cooling tower :

  1. Cold Water Basin
    Tempat penampungan air yang telah melalui proses pendinginan. Air ini akan digunakan kembali sebagai media transfer panas atau pertukaran kalor pada suatu alat proses sebagai media pendingin
  2. Air Inlet
    Tempat masuknya udara dari lingkungan menuju cooling tower yang mana berperan sebagai media pendingin
  3. Filler atau Fill media
    Tempat atau proses terjadinya pertukaran kalor, yaitu tempat bertemunya hot water dengan udara pendingin dan menghasilkan cooling water. Filler memiliki struktur berpori atau berlubang yang memungkinkan aliran udara dan air untuk berkontak secara efisien. Filler bertujuan untuk meningkatkan permukaan kontak antara air dan udara, sehingga mempercepat proses penguapan dan pendinginan.
  4. Spray Nozzle
    Keran yang berfungsi untuk menyebarkan hot water menjadi percikan-percikan seperti hujan, yang kemudian akan jatuh ke fill media, sehingga kemudian terjadilah proses pertukaran kalor. Proses spraying ini berfungsi untuk memperluas bidang pertukaran kalor. Sehingga pertukaran kalor akan lebih maksimal
  5. Drift Eliminator
    Bagian yang digunakan untuk menangkap air yang terdapat pada udara atau yang terbawa udara, yang kemudian akan terbuang ke lingkungan. Gunanya untuk mencegah air tersebut terbang ke lingkungan, sehingga dapat dikembalikan ke fill media dan terkoleksi pada cold water basin
  6. Komponen Lainnya
    Komponen lainnya menyesuaikan tipe dan design cooling tower

 

FILLER SEBAGAI KOMPONEN PENTING PADA COOLING TOWER

Pada cooling tower, filler atau fill media menjadi komponen yang paling penting karena berperan dalam meningkatkan luas permukaan kontak antara udara dan air, membantu mendistribusikan air secara merata di dalam tower, dan memastikan kontak yang optimal antara air dan udara untuk pendinginan yang efisien. Maka sangat penting untuk merawat filler atau fill media dalam cooling tower untuk menjaga kinerja pendinginan tetap optimal.

 

FILLER CHEMICAL CLEANING

Cleaning atau pembersihan filler cooling tower diperlukan untuk menghilangkan akumulasi kerak dan kotoran yang terbentuk selama penggunaan. Kotoran seperti kerak silika dan mineral lainnya dapat menumpuk pada permukaan filler dari air pendingin, yang dapat menghambat aliran udara dan air, serta mengurangi efisiensi pendinginan. Selain itu, akumulasi kotoran juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lingkungan dan mengurangi umur pakai peralatan. Filler yang sudah digunakan dalam waktu tertentu akan diselimuti oleh kerak dan kotoran yang terlihat seperti lapisan padatan putih.

 

PROSES CLEANING FILLTER COOLING TOWER

Untuk melunturkan kerak dan kotoran, filler harus di rendam dengan bahan kimia pembersih berupa larutan Aquaright D200 Solvent, salah satu chemical terbaik PT ZEFA yang berbahan dasar asam klorida, efektif untuk menghilangkan kerak yang keras (chemical cleaning for removing in-organic and heavy scale) yang terbentuk dari endapan senyawa garam-garam hardness yang menempel kuat pada pipa-pipa boiler, condenser tube (H/E), atau Evaporator pada Coller ataupun Calorifier, biasanya chemical ini disebut dengan istilah Acid-Cleaner.

Filler direndam dalam larutan Aquaright D200 Solvent selama 2 jam. Chemical ini dirancang untuk melarutkan kerak-kerak silika tanpa merusak material filler.

Setelah diredam selama 2 jam, dilanjutkan pembersihan filler dengan menggunakan jet spray air bertekanan tinggi. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan residu dari larutan pembersih sebelumnya dan memastikan filler kembali bersih dan berfungsi dengan optimal.

Setelah proses pembersihan selesai, kondisi filler akan di cek ulang untuk memastikan bahwa kerak dan kotoran telah hilang dengan efektif, dan filler siap untuk digunakan kembali dalam sistem pendinginan.

Dengan melakukan pembersihan filler cooling tower secara teratur, sistem pendinginan akan tetap beroperasi dengan efisien, aman, dan handal dalam jangka waktu yang panjang. Langkah-langkah proaktif seperti ini akan meningkatkan efisiensi operasional dan memperpanjang masa pakai.

 

PT Zefa Valindo Jaya dapat mengerjakan cleaning filler cooling tower on site dengan mendatangkan tim atau membongkar dan mengerjakan cleaning filler di workshop ZEFA yang berlokasi di Harapan Indah Bekasi. Hubungi kami untuk appoitment dan pertanyaan di telepon 021 8873 531, atau email kami di info@zevanya.com.